Rabu, 29 Agustus 2018

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi




Pada saat ini, perkembangan atau kemajuan teknologi didunia sudah sangat pesat. Salah satu perkembangan atau kemajuan teknologi yang sekarang ini sangat sering digunakan yaitu Internet.
Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan komputerDiseluruh dunia, yang berisikan informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data (suara, gambar, video, dan teks). Data informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan masing-masing komputer, atau dibuat oleh pemilik data informasi yang menitipkan informasinya kepada pemilik jaringan komputer yang tersambungkan ke network.
Fungsi internet sendiri yaitu :
1.       Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah.
2.       Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.
3.       Sebagai media promosi.
4.       Komunikasi interaktif.
5.       Sebagai alat Research and Development.
6.       Sebagai sarana pendidikan dan E-Learning
7.       E-Commerce,yaitu perdagangan atau penjualan produk melalui internet.
8.       Banking, seperti internet banking.
Ketika kita menggunakan internet, pastinya kita pernah mendengar kata Browsing, Searching, dan Surfing.
Tiga hal tersebut tentunya memiliki makna yang berbeda. Browsing memiliki makna yaitu pencarian informasi melalui sistem operasi yang berbasis Hypertext, misalnya membaca cerita, menonton video, mengirim e-mail, dan sebagainya. Sistem operasi yg berbasis hypertext disini maksudnya adalah browser. Contoh browser adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dll. Searching yaitu kegiatan mencari teks, situs, berita, atau gambar di suatu situs yang kita belum ketahui secara pasti alamatanya. Untuk itu kita membutuhkan bantuan Search Engine sebagai alat bantu untuk mencari alamat situs. Contoh search engine adalah Google, Yahoo!, Bing, dan lain sebagainya. Surfing yaitu kegiatan yang tujuannya untuk mencari hiburan di internet seperti : membuka facebook, twitter, youtube, instagram, line, dan lain-lain.
Nah, untuk kalian yang ingin berbagi informasi juga dengan para pengguna internet. Kalian bisa menggunakan Blog sebagai tempat untuk berbagi informasi. Blog merupakan singkatan dari “web blog” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web sebelumnya.
Ada beberapa situs penyedia layanan blog di internet, salah satunya yaitu wordpress.com. Buat kalian yang belum tau membuat blog disitus ini, saya akan memberitahukan kalian cara untuk membuatnya.
Tutorial Membuat Blog di WordPress
1.       Buka web browser, arahkan URL ke http://wordpress.com
2.       Setelah anda berada pada halaman WordPress, silahkan klik Create Website. Sehingga akan ditampilkan form yang harus diisi:
·         Email Address : masukkan alamat email anda
·         Username : masukkan nama pengguna
·         Password : ketikan password blog anda
Selanjutnya pilih “next step” pada bagian bawah
3.       Apabila pengisian form berhasil, maka akan tampil step 3 of 5. Ini merupakan tampilan penawaran jika anda ingin membuat blog berbayar. Silahkan klik “no thanks” jika tidak ingin.
4.       Kemudian muncul tampilan step 4, dimana akan tampil beberapa pilihan tema blog. Silahkan pilih salah satu tema untuk tampilan awal blog anda. Kemudian, klik “next step”.
5.       Kemudian akan muncul tampilan tentang penawaran blog, klik “select free” untuk blog yang tidak berbayar.
6.       Blog telah berhasil dibuat.
7.       Setelah blog berhasil dibuat, anda akan diminta untuk mengkonfirmasi email yang anda gunakan pada blog yang anda buat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar