Rabu, 29 Agustus 2018

PAPUA TANAH KELAHIRANKU



Papua adalah sebuah provinsi yang terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua. Provinsi paling ujung Indonesia ini memiliki banyak sekali budaya Dan pesona Burung endemik asli Tanah Papua yaitu Cendrawasih serta berbagai keunikan dari suku yang bermukim di sana. Salah satunya diantaranya adalah Suku Dani yang mendiami sebuah daerah di Lembah Baliem, Wamena, Papua. Berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa keunikan adat khas provinsi papua.
  • Bahasa
Terdapat banyak sekali bahasa daerah yang berkembang pada kelompok etnik tertentu yang ada di daratan Papua. Aneka bahasa ini menyebabkan timbulnya kesulitan dalam berkomunikasi antara satu kelompok etnik dengan kelompok etnik yang lainnya. Oleh karenanya, digunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.
  • Pakaian adat Tradisional
Pakaian adat Tradisional  Papua untuk pria dan juga wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat ini memakai bermacam macam hiasan-hiasan seperti hiasan kepala yang berupa bentuk burung cendrawasih, ikat pinggang dari manik-manik, serta juga rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Namun ada juga masyarakat di suku pedalaman Papua yang hanya mengenakan koteka untuk membalut tubuhnya



  • Rumah Adat papua
Rumah adat di Papua bernama Rumah Honai, dimana bahan dasar yang digunakan untuk membuat rumah itu adalah dari kayu dan atapnya menyerupai kerucut yang terbuat dari timbunan jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai memiliki pintu yang kecil dan tidak memiliki jendela. Biasanya rumah Honai terdiri dari 2 lantai.


  • Tarian Tradisional
Papua memiliki banyak sekali macam tarian yang unik dan juga menarik, seperti tari selamat datang yang merupakan tarian khas suku papua yang mewujudkan rasa kegembiraan hati para penduduk dalam menyabut para tamu yang terhormat yang datang ke daerah mereka. Tarian Adat siku papua antara lain :
·        Tari Musyoh
·         Tari Sajojo
·         Tari Yospan
·         Tari Selamat Datang
·         Tari Perang
·         Tari Suanggi
·         Tari Fela Mandu
·         Tari Entol




  • Senjata Tradisional Papua
Papua memiliki sebuah senjata tradisional yang dapat digunakan untuk melawan musuh. Seperti sebuah pisau belati papua yang dibuat dari tulang kaki burung kasuari dan menggunakan bulu burung tersebut yang menghiasi bagian pinggiran belati itu. Namun ada senjata yang lain yang umumnya di gunakan seperti busur dan juga panah serta lembing yang sering digunakan untuk berburu.


  • Kerajinan Tangan Khas Papua
Masyarakat di papua biasanya membuat banyak kerajinan tangan yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia dari alam. Seperti jenis kerajinan tas yang bernama Noken. Kerajinan yang satu ini di buat dari kulit bahan kayu yang di anyam, dan warna yang digunakan juga berasal dari pewarna alami akar tumbuh tumbuhan dan buah-buahan. Noken ini umumnya di gunakan dengan cara menyangkutkan noken di atas kepala.
Selain beragam keunikan-keunikan yang sudah di sebutkan di atas ada pula yang menurut saya sangatlah menjadi daya tarik dari provinsi papua ini, yakni indahnya pemandangan yang ada, indahnya pemandangan laut dan pantainya juga, dan hutan-hutan yang masih sangat lebat. Yang menjadi objek wisata yang menarik untuk datang ke papua hanya untuk dapat merasakan dan melihat sejumlah pemandangan sunset, pemandangan di bawah laut yang sangat indah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar